PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MARICAYA KOTA MAKASAR

Main Author: HARAFIAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26780/1/SAMPUL.doc
http://eprints.unm.ac.id/26780/2/HALAMAN%20DEPAN.doc
http://eprints.unm.ac.id/26780/3/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/26780/4/KISI-KISI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/26780/5/DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/26780/6/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDU1.docx
http://eprints.unm.ac.id/26780/
Daftar Isi:
  • HARAFIAH, 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maricaya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maricaya Kota Makassar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penggunaan kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maricaya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah kemampuan membaca permulaan dan kartu kata bergambar. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maricaya Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 17 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maricaya Kota Makassar dapat meningkat melalui penggunaan kartu kata bergambar. Pada siklus I diantara 17 orang anak yang diteliti masih ada 9 anak yang belum berkembang. Pada siklus II dari 17 orang anak sudah tidak ada lagi anak yang tidak berkembang. Melalui penggunaan kartu kata bergambar kemampuan membaca permulaan anak dapat berkembang karena penggunaan kartu kata bergambar sudah dilaksanakan dengan baik dan kartu kata bergambar dapat merangsang aktivitas belajar anak dan lebih konkrit dibandingkan penggunaan kata-kata atau kalimat.