Keefektifan Penggunaan Media Film dalam Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau

Main Author: AINUNG, DIAN NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2677/1/DIAN%20NUR%20AINUNG.docx
http://eprints.unm.ac.id/2677/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK . 2016. “”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Usman). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau, (2)mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media film siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau, dan (3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media film dalam kemampuan menulis karangan deskripsi siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X5(kelas eksperimen) dan Kelas X7 (kelas kontrol) SMAN 1 Tanete Rilau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan tahapanalisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar berada pada kategori kurang mampu, (2) Kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media film berada pada kategori cukup mampu, dan (3)Media film efektif digunakan dalam menulis karangan deskripsi di sekolah. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsiberdasarkan dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen yaitu75,11 yang termasuk dalam kategori cukup mampu.