Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang

Main Authors: Hikmah, Nur, Ulum, Fatkhul, Mantasiah R., Mantasiah R.
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26723/1/Peer%20Review%20Penggunaan%20Media%20Gambar%20Seri%20dalam%20Meningkatkan%20Penguasaan%20Kosa%20Kata%20Bahasa%20Arab.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26723/2/Penggunaan%20Media%20Gambar%20Seri%20Dalam%20Meningkatkan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26723/
https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27135
Daftar Isi:
  • Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 62,72% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 82,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Arab.