Daftar Isi:
  • Hj. Ramlah Sapa. 2016. Pengembangan Metode Bermain Bowling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Pangkep.Pengembangan pembelajaran. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini.,M.Pd. pembimbing I dan Hajerah, S.Pd.I.,M.Pd. pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah kemampuan berhitung anak. Permasalahan pokok yang dikaji adalah meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui metode bermain bowling. Jenis pendekatan yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Negeri Pembina Kabupaten Pangkep yang berjumlah 10 orang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki yang aktif dan terdaftar pada semester genap 2015/2016. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan semua hal yang diperoleh selama kegiatan berlangsung. Hasil pelaksanaan pengembangan pembelajaran diperoleh data kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya melalui penggunaan metode bermain bowling sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain tersebut dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pangkep.