Daftar Isi:
  • St. Hajrah Pengembangan Kegiatan Mozaik dari Bahan Alam untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B.1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd. dan Azizah Amal, SS., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimanakah Kegiatan Mozaik dari Bahan Alam untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B.1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan parangloe Kabupaten Gowa?”. Tujuan Pengembangan pembelajaran ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan mozaik dari bahan alam di Kelompok B.1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan parangloe Kabupaten Gowa. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B.1 sebanyak 10 orang yang terdiri dari anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan kegiatan mozaik menunjukkan peningkatan motorik halus anak. Anak dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi mata dan tangan yang baik. Sebagai kesimpulan, pengembangan kegiatan mozaik dari bahan alam dapat meningkatkan motorik halus di Kelompok B.1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan parangloe Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan mozaik direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus di Taman Kanak-kanak.