Daftar Isi:
  • NURHAYATI, 2016. Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa. Laporan Pengembangan Pembelajaran dibimbing oleh Bapak Herman , S. Pd,. M. Pd dan Ibu Azizah Amal, S.S,. M. Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Permasalah diajukan dalam lapaoran ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metodei bercerita pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahiah Kabupaten Gowa. Adapun tujuan laporan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan menambah perbendaharaan kosakata, mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Metode bercerita dipilih penulis karena metode bercerita memiliki keutamaan antara lain mengkomunikasikan nilai-nilai budaya, mengkomunikasikan nilai-nilai sosial, mengkomunikasikan nilai-nilai agama, membantu mengembangkan fantasi anak, membantu mengembangkan kognitif anak dan membantu mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa. Diharapkan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat berkembang dengan baik/ cepat sesuai usia anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Reseach) yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa, untuk mendeskripsikan keefektifan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian PTK ini dilakukan dalam 5 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa.