MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADAANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF DI TAMAN KANAK – KANAK MASITA MANDAI MAROS
Main Author: | SURIANTI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26683/1/PERSETUJUAN%20PEMBIMBING.docx http://eprints.unm.ac.id/26683/2/SURIANTI%20BARU.docx http://eprints.unm.ac.id/26683/ |
Daftar Isi:
- SURIANTI, 2016. Mengembangkan Kamampuan Mengenal Huruf Pada Anak Melalui Media Kartu Huruf Di Taman Kanak – Kanak Masita Mandai Maros. Usulan Pengembangan Pembelajaran, Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd,M.Pd (I) dan Hajerah S.Pd.I,M.Pd (II) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dalam Penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Masita Mandai Maros. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf pada anak di TK Masita Mandai Maros. Pendekatan penelitian ini adalah yang dilaksanakan selama lima kali pertemuan, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan. observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu melalui media kartu huruf. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Masita Mandai Maros yang aktif pada semester ganjil tahun pelajaran 2015 – 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian yaitu 1) mereduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terbukti adanya peningkatan kemampuan pengembangan pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan demikian pembelajaran menggunakan metode kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Masita Mandai Maros. Kata kunci : mengenal huruf, media kartu, pengembangan pembelajaran.