PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PRESENTASI BERBASIS PREZI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KONSEP
Main Author: | Muhammad, Rais |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26674/1/21%20Pengaruh%20Penggunaan%20Multimedia%20Presentase.pdf http://eprints.unm.ac.id/26674/2/21.%20PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MULTIMEDIA%20PRESENTASI%20BERBASIS%20PREZI%20DAN%20GAYA%20BELAJAR%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20MENGINGAT%20KONSEP.pdf http://eprints.unm.ac.id/26674/3/16%20Jurnal%20Nasional-Pengaruh%20Penggunaan%20Presentasi%20Berbasis%20Prezi.pdf http://eprints.unm.ac.id/26674/ https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/2576 |
Daftar Isi:
- Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan perbedaan kemampuan mengingat konsep obyek antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi prezi desktop dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia presentasi power point, 2) menjelaskan perbedaan kemampuan mengingat konsep obyek antara mahasiswa yang belajar dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik, dan 3) menjelaskan pengaruh interaksi antara multimedia presentasi (prezi desktop dan power ponit) dengan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemampuan mengingat konsep obyek. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen menggunakan versi nonequivalent control group design faktorial 2x3. Subjek penelitian sebanyak 105 orang (52 kelompok kontrol dan 53 kelompok eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan:1) terdapat perbedaan kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran presentasi prezi desktop dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran presentasi power point pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 39.251 yang lebih besar dari nilai F tabel = 3.92. 2) terdapat perbedaan kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 31.482 yang lebih besar dari nilai F tabel = 3.92, 3) tidak ada interaksi antara multimedia pembelajaran dan gaya belajar (visual, auditori dan kinestetik) terhadap kemampuan mengingat konsep mata kuliah multimedia pembelajaran mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM dengan nilai F = 3.870 yang lebih kecil dari nilai F tabel = 3.92.