PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN MERONCE BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL MARKAZ AL ISLAM
Daftar Isi:
- Sitti Multazam. 2016. Pengembangan kegiatan bermain meronce dari bahan bekas untuk mengembangan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Islam Al Markaz Al Islami. Skripsi di bimbing oleh Syamsuardi,S.Pd,M.Pd, dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengembangan kegiatan bermain meronce dari bahan bekas untuk mengembangan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Islam Al Markaz Al Islami ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan kegiatan bermain meronce dari bahan bekas untuk mengembangan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Islam Al Markaz Al Islami. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan bermain meronce. Fokus dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus dan penerapan kegiatan meronce. Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Islam Al Markaz Al Islami dengan subjek penelitian adalah 15 anak pada kelompok A2 dan 1 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain meronce di Taman Kanak-kanak Islam Al Markaz Al Islami