Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin
Main Authors: | Muhammad, Rais, Wayan, Ardhana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26651/1/9%20Project%20Based%20Learning%20vs%20Pembelajaran%20Ekspositori.pdf http://eprints.unm.ac.id/26651/3/9.%20Project-Based%20Learning%20vs%20Pembelajaran%20dengan%20Metode%20Ekspositori%20dalam%20Menghasilkan%20Kemampuan%20Belajar%20Teori%20Perancangan%20Mesin.pdf http://eprints.unm.ac.id/26651/4/8%20Jurnal%20Nasional%20SINTA-Project%20Based%20LEarning%20vs%20Pembelajaran%20den.pdf http://eprints.unm.ac.id/26651/ http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3868 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar teori perancangan mesin. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan rancangan desain faktorial 2x4. Subjek penelitian terdiri dari 58 orang mahasiswa program studi S1 dan 48 orang program studi D3 yang berada pada semester IV tahun ajaran 2009-2010 jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Data dianalisis dengan menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran project-based learning dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar teori perancangan mesin antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar diverging, converging, assimilating, dan accommodating, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar belajar matakuliah teori perancangan mesin. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan strategi project-based learning memiliki pengaruh yang lebih baik dengan skor rata-rata 72.431 dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang memiliki skor rata-rata relatif lebih kecil 68.125.