PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MEDIA PUZZLE UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIDIK KELOMPOK B PADA TK. ISLAM MARADEKAYA KOTA MAKASSAR

Main Author: RIDAWATI OME
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26611/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/2/ABSTRAK.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/3/DAFTAR%20ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/4/BAB%20I%20-%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/5/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/6/Foto%20kegiatan%20menyusun%20puzzle.docx
http://eprints.unm.ac.id/26611/
Daftar Isi:
  • RIDAWATI OME. 2016, Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Media Puzzle Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Didik Kelompok B pada Tk Islam Maradekya Kota Makassar ,Skripsi . Dibimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dra.Hj.Bulkis Said, M.Si sebagai pembimbing II pada Program Stady Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini ( PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembagan kreatifitas melalui kegiatan pemanfaatan media puzzle di Taman Kanak-Kanak Islam Maradekaya Kota Makassar?. Tujuan adalah untuk mengetahui pengembangan kreatifitas melalui kegiatan pemanfaatan media puzzle di Taman Kanak-Kanak Islam Maradekaya Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap perencaanaan, pelaksanaan, dan pengamatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 15 anak didik kelompok B6 Taman Kanak-Kanak Islam Maradekaya Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data guru dan anak dalam proses pembelajaran berdasarkan indikator. Hasil penelitian meningkatkan kreativitas anak, dilakukan melalui pemanfaatan alat permainan edukatif media puzzle dalam hal ini anak sudah mampu mengemukakan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah sesuai dengan ide-ide yang dimilikinya, anak mampu menghasikan berbagai ide karya yang asli hasil pemikiran sendiri.