Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng

Main Author: Yuliana, Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2659/1/Yuliana.docx
http://eprints.unm.ac.id/2659/
ctrlnum 2659
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2659/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng</title><creator>Yuliana, Yuliana</creator><subject>Pend. Bahasa dan Sastra Daerah</subject><description>ABSTRAK&#xD; , 2016. &#x201C;&#x201D;. Skripsi. ).&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng, pada tahap proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan (Action Researh), khususnya penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk data proses dianalisis secara kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan pendekatan kuantitatif.&#xD; Tahap proses pembelajaran telah mengalami peningkatan, guru telah melakukan tahap-tahap pembelajaran model Mind Mapping secara maksimal sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada tahap penilaian hasil pembelajaran siswa dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa baru mencapai kategori cukup (67.07). Namun pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori baik (85.15). Peningkatan hasil belajar siklus II dari siklus I sebesar 18.67.&#xD; Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng agar mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilannya dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Daerah.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci: menulis, narasi, dan model pembelajaran Mind Mapping</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2659/1/Yuliana.docx</identifier><identifier> Yuliana, Yuliana (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. S1 thesis, universitas negeri makassar. </identifier><recordID>2659</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yuliana, Yuliana
title Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng
publishDate 2016
topic Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
url http://eprints.unm.ac.id/2659/1/Yuliana.docx
http://eprints.unm.ac.id/2659/
contents ABSTRAK , 2016. “”. Skripsi. ). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng, pada tahap proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan (Action Researh), khususnya penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk data proses dianalisis secara kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Tahap proses pembelajaran telah mengalami peningkatan, guru telah melakukan tahap-tahap pembelajaran model Mind Mapping secara maksimal sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada tahap penilaian hasil pembelajaran siswa dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa baru mencapai kategori cukup (67.07). Namun pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori baik (85.15). Peningkatan hasil belajar siklus II dari siklus I sebesar 18.67. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng agar mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilannya dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Daerah. Kata kunci: menulis, narasi, dan model pembelajaran Mind Mapping
id IOS3399.2659
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-08-01T00:13:59Z
last_indexed 2017-09-10T00:51:01Z
recordtype dc
_version_ 1764483735093248000
score 17.538404