Keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng
Main Author: | Wahyuni, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2656/1/wahyuni.docx http://eprints.unm.ac.id/2656/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK . 2017. . Skripsi. . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (posttest-only control design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng yang berjumlah 90 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sampel pada penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelompok/kelas kontrol yang berjumlah 22 orang dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok/kelas eksperimen. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis. Siswa ditugaskan menulis naskah drama setelah menerapkan media audiovisual. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program SPSS 20 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa kelompok/kelas yang menggunakan media audiovisual memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok/kelas yang tanpa menggunakan media audiovisual. Hasil analisis dengan uji t terbukti bahwa media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukan bahwa thitung sebesar 5,520 > ttabel sebesar 2,018 maka ada perbedaan signifikan antara kelas yang menggunakan media audiovisual dengan kelas yang tanpa menggunakan media audiovisual atau H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa media audiovisual efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng untuk menerapkan media audiovisual pada pembelajaran menulis khususnya menulis naskah drama. Kata Kunci: media pembelajaran, audiovisual, menulis naskah drama