Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia

Main Author: Irnawati, Irnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx
http://eprints.unm.ac.id/2654/
ctrlnum 2654
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2654/</relation><title>Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar&#x201D;. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia</title><creator>Irnawati, Irnawati</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis kesantunan maksim. &#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru yang ditemukan adalah maksim kearifan dan maksim kedermawanan. Kedua, bentuk kesantunan maksim pada tuturan guru ke siswa adalah maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Ketiga, bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke siswa adalah maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Adapun kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci: kesantunan maksim, kalimat, maksim</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx</identifier><identifier> Irnawati, Irnawati (2016) Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar&#x201D;. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia. S1 thesis, universitas negeri makassar. </identifier><recordID>2654</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irnawati, Irnawati
title Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia
publishDate 2016
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx
http://eprints.unm.ac.id/2654/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis kesantunan maksim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru yang ditemukan adalah maksim kearifan dan maksim kedermawanan. Kedua, bentuk kesantunan maksim pada tuturan guru ke siswa adalah maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Ketiga, bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke siswa adalah maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Adapun kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Kata Kunci: kesantunan maksim, kalimat, maksim
id IOS3399.2654
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-08-01T00:13:59Z
last_indexed 2017-09-10T00:51:01Z
recordtype dc
_version_ 1764483735078567936
score 17.538404