Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia
Main Author: | Irnawati, Irnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx http://eprints.unm.ac.id/2654/ |
ctrlnum |
2654 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2654/</relation><title>Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia</title><creator>Irnawati, Irnawati</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis kesantunan maksim. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru yang ditemukan adalah maksim kearifan dan maksim kedermawanan. Kedua, bentuk kesantunan maksim pada tuturan guru ke siswa adalah maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Ketiga, bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke siswa adalah maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Adapun kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. 


Kata Kunci: kesantunan maksim, kalimat, maksim</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx</identifier><identifier> Irnawati, Irnawati (2016) Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia. S1 thesis, universitas negeri makassar. </identifier><recordID>2654</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Irnawati, Irnawati |
title |
Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia |
publishDate |
2016 |
topic |
Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia |
url |
http://eprints.unm.ac.id/2654/1/Irnawati.docx http://eprints.unm.ac.id/2654/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis kesantunan maksim.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru yang ditemukan adalah maksim kearifan dan maksim kedermawanan. Kedua, bentuk kesantunan maksim pada tuturan guru ke siswa adalah maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Ketiga, bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke siswa adalah maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Adapun kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar.
Kata Kunci: kesantunan maksim, kalimat, maksim |
id |
IOS3399.2654 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2017-08-01T00:13:59Z |
last_indexed |
2017-09-10T00:51:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483735078567936 |
score |
17.538404 |