Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP

Main Author: Rusli, Rusli
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26508/1/Vol%203%2C%20No%201%20%282019%29%2010775-25309-1-SM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26508/2/%2310775%20Review.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26508/3/Peer%20Review%20Example%20Non%20Example%20IMED.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26508/4/Turnitin%20Efektivitas%20Penerapan%20Model%20Kooperatif%20Tipe%20Example%20Non%20Example.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26508/
https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/10775
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe Example Non Example dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Example Non Example lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example, (4) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 88,97%, (5) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,83%, (6) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Example Non Example sebesar 3,82 (terlaksana dengan sangat baik). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Example Non Example efektif digunakan pada siswa kelas VII disalah satu sekolah di Kota Makassar