Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar
Main Authors: | Hamka, Dinda Lestari, Mantasiah R., Mantasiah R., Mariah, Enung |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Makassar
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26425/1/Analisis%20Faktor%20Kesulitan%20Membaca%20Teks%20Bahasa%20Arab.pdf http://eprints.unm.ac.id/26425/2/Analisis%20Faktor%20Kesulitan%20Membaca%20Teks%20Bahasa%20arab.pdf http://eprints.unm.ac.id/26425/3/Peer%20Review%20Analisis%20Faktor%20Kesulitan%20Membaca%20Teks%20Bahasa%20Arab.pdf http://eprints.unm.ac.id/26425/ https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27138 |
Daftar Isi:
- Abstract Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang faktor kesulitan siswa kelas VII MTs. Miftahul Khair Hartaco Makassar dalam membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel total. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor kesulitan siswa Kelas VII dalam membaca teks bahasa Arab dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor. Pertama, faktor internal termasuk pengalaman belajar bahasa Arab siswa, kompotensi bahasa siswa, kurang minat membaca siswa, dan motivasi siswa rendah. Kedua, faktor eskternal, termasuk lingkungan siswa, metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya media pembelajaran yang digunakan.