STUDI PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 10 GOWA KABUPATEN GOWA

Main Author: HASMITA NURZAKIA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26264/1/JURNAL_HASMITA%20NURZAKIA_1843041020.docx.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan program Sekolah Ramah Anak di SMAN 10 Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan serta faktor pendukung dan penghambat program Sekolah Ramah Anak di SMAN 10 Gowa Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Gowa, Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua gugus tugas Sekolah Ramah Anak SMAN 10 Gowa, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan program Sekolah Ramah Anak di SMAN 10 Gowa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengelolaan program ini merujuk pada panduan Sekolah Ramah Anak terdiri dari tahap persiapan dan perencanaan yang meliputi sosialisasi tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak, penyusunan kebijakan SRA di masing-masing satuan pendidikan, pembentukan tim pelaksana SRA, dan konsultasi anak. Kemudian tahap pembentukan dan pengembangan SRA yang meliputi upaya pemenuhan 6 (enam) komponen SRA yaitu adanya komitmen tertulis terkait kebijakan SRA, proses belajar mengajar yang ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak, sarana dan prasarana ramah anak, partisipasi anak, serta partisipasi berbagai elemen masyarakat. Terakhir tahap pemantauan, evaluasi dan pelaporan meliputi terdapat tim khusus yang bertugas untuk memantau berjalannya kegiatan dan mengevaluasi program ini. Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat saat menerapkan program ini di SMAN 10 Gowa. Faktor pendukung yaitu dukungan dari pihak pemerintah daerah, dukungan dari warga sekolah, kerjasama tim pelaksana, dan partisipasi orangtua. Sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi pandemi covid-19 dan masih ada tenaga pendidik yang belum paham tentang sekolah ramah anak. Kata kunci: Pengelolaan, Sekolah Ramah Anak