PENDEKATAN PEMBELAJARAN ASINKRONUS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 5 BULUKUMBA

Main Author: ASWAN AHMAD
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26257/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26257/
Daftar Isi:
  • Fokus dan tujuan penelitian adalah, gambaran pelaksanaan Asinkronus di pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 5 Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan metode penelitian adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bulukumba kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sumber data yaitu Guru, Kepala sekolah, dan siswa kelas XI MIPA dan IPS 2. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis terdiri dari reduksi, penyajian, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan Asinkronus menggunakan media WhatsApp dan Google Clasroom, proses pembelajaran guru mengidentifikasi metode, teknik dan media yang digunakan. Guru mengirim materi file pdf atau materi yang telah di foto melalui media online, serta melakukan pendampingan siswa secara berkelompok yang dilakukan setelah atau sesudah pembelajaran. Tahap evaluasi guru menilai afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Persepsi kepala sekolah, guru dan siswa mengatakan pendekatan Asinkronus memberikan ilmu mengenai teknologi kepada siswa dan menjadikan siswa mandiri dalam proses pembelajaran, faktor penghambat yaitu jaringan kurang stabil dan faktor pendukung yaitu sekolah mengadakan pelatihan untuk guru. Kata Kunci: Asinkronus; Bahasa Indonesia; Bulukumba