Daftar Isi:
  • Suharianti. 2014. Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain kartu angka pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain kartu angka pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain kartu angka pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kegiatan bermain kartu angka dan kemampuan mengenal angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain kartu angka pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain kartu angka pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.