Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar

Main Author: Darliana, Darliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2617/1/Darliana.doc
http://eprints.unm.ac.id/2617/
ctrlnum 2617
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2617/</relation><title>Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar</title><creator>Darliana, Darliana</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; . r(dibimbing oleh Muris dan Muhammad Arsyad).&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 24 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat kegiatan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2015/2016. &#xD; Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan setiap pertemuan, tes pemahaman konsep fisika berupa essay tes, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains pada akhirsetiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada evaluasi akhir setiap siklus dimana pada siklus I skor rata-rata adalah 21,67 sedangkan pada siklus II skor rata-rata adalah 25,12. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains dengan cara membiasakan peserta didik membaca materi ajar, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,mengumpulkan data, mengolah data, dan membuat kesimpulan sehingga peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sesuai materi pembelajaran yang diberikan.Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains sehingga terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika dari siklus I kesiklus II.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2617/1/Darliana.doc</identifier><identifier> Darliana, Darliana (2016) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. S2 thesis, universitas negeri makassar. </identifier><recordID>2617</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Darliana, Darliana
title Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar
publishDate 2016
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/2617/1/Darliana.doc
http://eprints.unm.ac.id/2617/
contents ABSTRAK . r(dibimbing oleh Muris dan Muhammad Arsyad). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 24 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat kegiatan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan setiap pertemuan, tes pemahaman konsep fisika berupa essay tes, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains pada akhirsetiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada evaluasi akhir setiap siklus dimana pada siklus I skor rata-rata adalah 21,67 sedangkan pada siklus II skor rata-rata adalah 25,12. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains dengan cara membiasakan peserta didik membaca materi ajar, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,mengumpulkan data, mengolah data, dan membuat kesimpulan sehingga peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sesuai materi pembelajaran yang diberikan.Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep fisika dengan model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains sehingga terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika dari siklus I kesiklus II.
id IOS3399.2617
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-08-01T00:12:47Z
last_indexed 2017-08-01T00:12:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483734698983424
score 17.538404