PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG

Main Author: NADRA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26169/1/SKRIPSI%20NADRA.docx
http://eprints.unm.ac.id/26169/
ctrlnum 26169
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/26169/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG</title><creator>NADRA</creator><subject>PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)</subject><description>Nadra. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.&#xD; &#xD; &#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis pemulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan menulis permulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian adalah 10 anak dan 1 orang guru pada kelompok A. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan anak dimana indikator sudah tercapai ditandai dengan anak sudah mampu menjiplak bentuk geometri (segiempat, segitiga, lingkaran) dan aktivitas guru terhadap pelaksanaan melalui kegiatan menjiplak juga optimal.</description><date>2022-12-16</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/26169/1/SKRIPSI%20NADRA.docx</identifier><identifier> NADRA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG. </identifier><recordID>26169</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NADRA
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PINRANG UTARA KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG
publishDate 2022
topic PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/26169/1/SKRIPSI%20NADRA.docx
http://eprints.unm.ac.id/26169/
contents Nadra. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Kegiatan Menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis pemulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus dalam penelitian ini adalah peningkatan menulis permulaan anak melalui kegiatan menjiplak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pinrang Utara Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian adalah 10 anak dan 1 orang guru pada kelompok A. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan anak dimana indikator sudah tercapai ditandai dengan anak sudah mampu menjiplak bentuk geometri (segiempat, segitiga, lingkaran) dan aktivitas guru terhadap pelaksanaan melalui kegiatan menjiplak juga optimal.
id IOS3399.26169
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:18:02Z
last_indexed 2023-03-04T19:18:02Z
recordtype dc
_version_ 1764483869840506880
score 17.538404