Daftar Isi:
  • Muslimatun, S. 2014. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah kemampuan mengenal konsep bilangan dan permainan kartu bilangan bergambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningaktan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu bilangan bergambar pada Taman Kanak-kanak Satu Atap SDN 147 Lembang Kabupaten Pinrang meningkat.