PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 169 KAMPUNG BARU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG
Main Author: | Satriani. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26080/2/smpul%20ku.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/1/bab%20I-III.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/3/IV-V.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/4/rkh%201.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/5/rkh%202.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/6/SIKLUS%201.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/7/SIKLUS%202.docx http://eprints.unm.ac.id/26080/ |
Daftar Isi:
- Satriani. 2014. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal, SS, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah media permainan congklak dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media permainan congklak di Taman kanak-kanak satu atap SDN 169 Kampung Baru Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.