PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF KEPING PADU DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG
Daftar Isi:
- NURBAYA, 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Konstruktif Keping Padu di Taman Kanak-kanak (TK) Bhayangkari Panaikang. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui permainan konstruktif keping padu di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui permainan konstruktif keping padu di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang yang berjumlah 15 orang dan guru yang mengajar sebanyak 1 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dengan cara membandingkan kemampuan motorik halus anak sebelum tindakan dengan kemampuan motorik halus anak setelah tindakan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I tergolong dalam kategori “cukup” dengan sisa anak yang memerlukan bimbingan pada pertemuan kedua sebanyak 8 orang. Sedangkan pada siklus II tergolong dalam kategori “baik”, dimana pada pertemuan kedua hanya tersisa 2 anak didik yang masih memerlukan bimbingan dan motivasi oleh guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika diterapkan permainan konstruktif keping padu, maka dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang.