Daftar Isi:
  • INDRA SARI MUIN, 2013. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marsuki, M.Si dan Dr. Syamsul Bachri Gaffar, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan keaksaraan melalui metode bernyanyi pada anak di Taman Kanak-Kanak Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan melalui metode bernyanyi pada anak di Taman Kanak-Kanak Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Kemampuan keaksaraan dan 2) Metode bernyanyi. Subjek penelitian adalah 1 Orang guru dan sebanyak 16 anak TK Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan keaksaraan di Taman Kanak-Kanak Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan keaksaraan melalui metode bernyanyi pada anak di Taman Kanak-Kanak Tamalassu PGRI Rangas Timur Kabupaten Majene dapat meningkat.