PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN

Main Author: Afdaliah,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25834/1/HALAMAN%20DEPAN%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%2CV%2C%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/3/LAMPIRAN%20-LAMPIRAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/4/FOTO%20DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/
ctrlnum 25834
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/25834/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN</title><creator>Afdaliah,</creator><subject>PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)</subject><description>Afdaliah, 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi dibimbing Dra. Kartini Marzuki, M.Si.dan Herman S,pd M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas ILmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini menelaah bagaimanakah peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar dengan Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B dengan jumlah 20 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Rancangan penelitian berupa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman Kanak-Kanak yang dilaksanakan selama 2 (dua) siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar, dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil balajar pada kategori baik. Aktivitas belajar anak dengan melihat rata-rata hasil observasi dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan terhadap kemampuan motorik kasar anak dalam aspek Kelincahan, Koordinasi, Ketepatan dan Keseimbangan.</description><date>2022-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/25834/1/HALAMAN%20DEPAN%20SKRIPSI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/25834/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%2CV%2C%20PUSTAKA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/25834/3/LAMPIRAN%20-LAMPIRAN.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/25834/4/FOTO%20DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx</identifier><identifier> Afdaliah, (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN. </identifier><recordID>25834</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Afdaliah,
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH PAMBUSUANG KABUPATEN POLMAN
publishDate 2022
topic PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/25834/1/HALAMAN%20DEPAN%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%2CV%2C%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/3/LAMPIRAN%20-LAMPIRAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/4/FOTO%20DOKUMENTASI%20PENELITIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25834/
contents Afdaliah, 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi dibimbing Dra. Kartini Marzuki, M.Si.dan Herman S,pd M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas ILmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar dengan Subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B dengan jumlah 20 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Rancangan penelitian berupa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu di Taman Kanak-Kanak yang dilaksanakan selama 2 (dua) siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar, dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil balajar pada kategori baik. Aktivitas belajar anak dengan melihat rata-rata hasil observasi dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan terhadap kemampuan motorik kasar anak dalam aspek Kelincahan, Koordinasi, Ketepatan dan Keseimbangan.
id IOS3399.25834
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:59Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:59Z
recordtype dc
_version_ 1764483868378791936
score 17.538404