Daftar Isi:
  • RAMLAH, 2013. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Markus Tikko Parambuan, M. Si sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Bulkis Said, M,Si sebagai pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Teknik permainan lukis jari (finger painting) dan 2) Kreativitas anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 21 anak TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup karena hanya sebagian langkah-langkah kegiatan melukis jari yang terlaksana dan aktivitas belajar anak kategori cukup karena hanya sebagian kreativitas anak yang terlaksana dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena semua langkah-langkah kegiatan melukis jari dan indikator kreativitas anak yang terlaksana. Sehingga dapat disimpulkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis jari (Finger painting) di TK Negeri Pembina Sendana Kabupaten Majene dapat ditingkatkan.