Daftar Isi:
  • Aminah Husain, 2013. Penerapan Kegiatan Meronce Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan meronce dapat mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan kegiatan meronce dapat mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini bertempat di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Subjek penelitian adalah anak didik pada kelompok B3 yang berjumlah 18 anak dan 2 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Pangkep. Pada kegiatan meronce, anak dapat melenturkan otot jari tangan, dan dapat mengkoordinasikan mata dan tangan dan kedua kemampuan yang berkaitan dengan motorik halus tersebut mengalami perkembangan.