PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM MENG KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM MAKASSAR
Daftar Isi:
- Rosmiyati, 2013. Penerapan Metode Bercakap-Cakap Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Tertai UNM Makassar. Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Herman S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode bercakap-cakap di TK Teratai UNM Adapun tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa reseptif anak dengan melalui metode bercakap-cakap di TK Teratai UNM. Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Teratai UNM. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B4 yang berjumlah 10 orang anak didik dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi kegiatan anak selama proses belajar mengajar berlangsung. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari siklus I, langkah-langkah bercakap-cakap yang diberikan oleh guru belum terlaksana dengan baik yang terkait kegiatan bercakap-cakap. Pada siklus II, langkah-langkah bercakap-cakap oleh guru sudah terlaksana dengan baik menerapkan kegiatan bercakap-cakap dan bahasa reseptif anak meningkat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercakap-cakap dapat meningkat dengan bahasa reseptif anak.