Daftar Isi:
  • Nurcaya. 2013 Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bermain peran pada Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 4 (empat) komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan teknik refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 18 orang anak dengan rincian 7 orang anak laki-laki dan 11 anak perempuan dan seorang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi penelitian. Analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif sehingga data yang terungkap melalui observasi dan dokumentasi akan dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan hasil penelitian yang telah diperoleh dan menunjukkan aktivitas belajar pada siklus I yang berada pada kategori masih kurang sedangkan siklus II mengalami peningkatan pada kategori baik. Langkah-langkah bermain peran sudah terlaksana dengan baik untuk menerapkan kegiatan bermain peran dan bahasa ekspresif anak meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dapat mengalami peningkatan melalui kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar.