PENGARUH PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI PUSAT LAYANAN PAUD “MELATI” DWP UNM MAKASSAR

Main Author: RASNAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25756/1/Halaman%20Depan.docx
http://eprints.unm.ac.id/25756/2/EDIT%20SKRIPSI%20Husna.docx
http://eprints.unm.ac.id/25756/3/lampiran.docx
http://eprints.unm.ac.id/25756/4/rkh.docx
http://eprints.unm.ac.id/25756/5/dokumentasi.docx
http://eprints.unm.ac.id/25756/
Daftar Isi:
  • RASNAH, 2011. Penerapan Metode Multisensori Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Pusat Layanan PAUD “Melati” Darma Wanita Persatuan UNM. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Rusmayadi. S.Pd. M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Penerapan Metode Multisensori Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Pusat Layanan PAUD “Melati” DWP UNM. Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kemampuan membaca permulaan anak sebelum di berikan perlakuan metode multisensory pada anak. Bagaimana kemampuan membaca permulaan anak setelah di berikan perlakuan metode multisensory pada anak. Apakah ada pengaruh metode multisensory terhadap pengembangan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Pusat Layanan PAUD “MELATI” Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : Gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan setelah di berikan perlakuan metode multisensory serta pengaruh metode multisensory terhadap pengembangan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Pusat Layanan PAUD “MELATI” Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian ini terdiri atas pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitiannya adalah anak didik Pusat Layanan Paud “MELATI” Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Makassar Kelompok B sebanyak 24 orang dan yang menjadi sampel adalah anak didik kelompok B Pusat Layanan Paud “MELATI” Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Makassar yaitu 12 orang anak didik yang diambil secara purposive sampeling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan analisis data Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kemampuan membaca permulaan anak di Pusat Layanan Paud “MELATI” Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Makassar sebelum diberi perlakuan Metode Multisensori berada dalam kategori rendah, namun setelah diberi perlakuan metode multisensori maka kemampuan membaca permulaan anak berada dalam kategori tinggi.