PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ELIM RANTEPAO TANA TORAJA
Daftar Isi:
- TABITHA TASIK M. 2013. Penerapan Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Elim Rantepao Tana Toraja. Dibimbing oleh Dra.Kartini Marzuki, M.Si dan Dra.Istiani Idrus, M.Si. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana penerapan belajar kelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial anak didik di TK Elim Rantepao Tanatoraja.Tujuan penelitiana dalah untuk mengeta huimeningkatnya perilakusosial anak melalui kegiatan belajar kelompok di TK ElimRantepao. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah anak didik kelas BIITK ElimRantepao, sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan padasiklus pertama, perilaku sosial anak dengan kegiatan belajar kelompok pada anak didik kelas BII TK Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara pada ketegori kurang dan meningkat pada siklus kedua rata-rata dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari kemampuan anak didik dalam hal pergaulan anak terhadap teman-temannya, bekerjasama dalam kelompok, mauberbagi, menolong dan membantu temannya, serta dapat berinteraksi dengan teman temannya. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadinya peningkatan perilaku sosial anak didik melalui penerapan belajar kelompok di kelas BII TK Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara.