PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Main Author: FITRIANI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25713/1/sampul.docx
http://eprints.unm.ac.id/25713/2/DATA%20FITRI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25713/3/lampiran.docx
http://eprints.unm.ac.id/25713/
Daftar Isi:
  • FITRIANI, 2013. Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak. Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si. dan Dr. Pattaufi, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Asyiyah Bustanul Athfal Masamba. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian adalah penerapan metode bercakap-cakap dan kemampuan berbicara anak. Subjek penelitian adalah 15 anak pada kelompok B2 dan seorang guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuanberbicara pada anak meningkat melalui penerapan metode bercakap-cakap di mana anak dapat menjawab pertanyaan mengapa dan menjawab pertanyaan secara sederhana. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Masamba Kabupaten Luwu Utara.