PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DI TK SITTI KHADIJAH TINGKARA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

Main Author: Surianti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25699/1/bagian%20awal%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/25699/2/BAGIAN%20ISI%20%28Repaired%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/25699/
Daftar Isi:
  • Surianti, 2012.PeningkatanKemampuanBerhitungAnakMelaluiPenggunaan Media BahanAlam Di TkAisyiyahSittiKahadijahTingkaraKecamatanMalangkeKabupatenLuwu Utara.Skripsi.DibimbingolehDra.KartiniMarzuki. M.Si. Dan Dr. Pattaufi,M.Si. Program StudiPendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasnegeri Makassar. MasalahdalampenelitianiniadalahrendahnyakemampuanBerhitungAnak Di TkAisyiyahSittiKahadijahTingkaraKecamatanMalangkeKabupatenLuwu Utara.tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiberapabesarPeningkatanKemampuanBerhitungAnakMelaluiPenggunaan Media BahanAlam Di TkAisyiyahSittiKhadijahTingkaraKecamatanMalangkeKabupatenLuwu Utara. Pendekatanpenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas. FokusdalampenelitianiniadalahPeningkatanKemampuanBerhitungAnakdanPenggunaan Media BahanAlam Di TkAisyiyahSittiKahadijahTingkaraKecamatanMalangkeKabupatenLuwu Utaradengansubjekpenelitian 15 orang anakdidikdanseorang guru dikelompok B. Teknikpengumpulan data adalahobservasidandokumentasi. ProsedurdalampenelitianiniterdiridariduasiklusyaitusiklusI dansiklus II dengantahapanperencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, danrefleksi. Hasil yang diperolehyaitupadasiklus I anakbelummampumembilang 1 – 10 secaraberurutdenganbenda,danmembandingkanduakumpulanbendalebihbanyaklebihsedikit.sertaaktivitaspenggunaan media bahanalambelumterlaksanadenganbaik. Padasiklus II terjadipeningkatankemampuanberhitunganakkarenaindikatorkemampuanberhitunganaksudahtercapaiditandaidengananaksudahmampumembilang 1 – 10secaraberurutdenganbenda,danmembandingkanduakumpulanbenda yanglebihbanyaklebihsedikit. Serta aktivitas guru terhadappembelajaranmelaluipenggunaan media bahanalamtelahlebihbaik.