Daftar Isi:
  • Jusmah. 2012. Kegiatan Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Ditaman Kanak-Kanak Aisyiyah Empagae Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau,S. Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak pada di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Empagae Kecamatan Donri- donri Kab. Soppeng?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Kemampuan Bahasa Ekspresif anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Empagae Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang menjadikan anak didik di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Empagae Kabupaten Soppeng pada kelompok A sebagai unit analisis. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara, analisis data yang digunakan adalah teknik analisi deskriptif kualitatif, digunakan untuk menjelaskan hasil tindakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dapat mengembangkan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Empagae Kabupaten Soppeng di tandai dengan indikator hasil penelitian yaitu: (1) anak dapat menyatakan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya dengan lafal dan benar, (2) anak dapat menyatakan dan memahami kata dan kalimat seerhana serta mengkomunikasikannya, dan (3) anak dapat berkomunikasi/berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar.