PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK MELALUIPENERAPAN METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK PKK SITAMPAI MACANRE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Main Author: SUTRIANNA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25640/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/25640/2/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25640/5/DAFTAR%20%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/25640/3/SATUAN%20KEGIATAN%20HARIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25640/4/tabel.docx
http://eprints.unm.ac.id/25640/
Daftar Isi:
  • Sutrianna, 2012. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pkk Sitampai Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak di TK Sitampai Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak anak di TK Sitampai Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bertujuan untuk menggambarkan keadaan/status fenomena dengan unit analisis adalah 9 orang anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan pencatatan hasil lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan bahasa lisan anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita anak di TK Sitampai Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Yang menjadi fokus penelitian adalah mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak melalui metode bercerita dalam hal menirukan urutan kata, berbicara lancar, bercerita tentang gambar dan membacakan cerita sederhana.