PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE DRILL ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK SIAMELLERI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE
Main Author: | HERINNISA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/25614/1/sampul%20herinnisa.doc http://eprints.unm.ac.id/25614/2/abstrak%20dkk.docx http://eprints.unm.ac.id/25614/3/skripsi%20herinnisa.docx http://eprints.unm.ac.id/25614/4/Riwayat%20hidup.docx http://eprints.unm.ac.id/25614/ |
Daftar Isi:
- HERINNISA. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Penerapan Metode Drill Anak pada Taman Kanak-kanak Siamelleri Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak pada Taman Kanak-kanak Siamelleri Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak pada Taman Kanak-kanak Siamelleri Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yakni: 1) Peningkatan kemampuan menulis permulaan dan 2) Metode drill. Subjek penelitian ini adalah kelompok A1 pada Taman Kanak-kanak Siamelleri Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone yang berjumlah 15 murid, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan menulis permulaan sebagian anak sudah cukup baik, namun beberapa diantara mereka masih belum mampu melakukannya. Sedangkan pada siklus II kemampuan menulis permulaan anak makin baik. Anak yang sebelumnya belum mampu melakukannya menjadi mampu melakukan indikator menulis permulaan meskipun masih membutuhkan bantuan dan arahan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak dalam hal memegang pensil dan duduk dengan sikap dan posisi yang benar, menggerakkan tangan, menghubung-hubungkan tanda titik-titik yang membentuk tulisan, mengeblat, melengkapi huruf, serta menuliskan nama-nama benda yang terdapat dalam gambar.