ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN [Liàngcí 量词] DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KALAM KUDUS MAKASSAR

Main Authors: julianti, Arfika, Saud, Syukur, Usman, Misnawaty
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25609/1/Analisis%20Kesalahan%20Penggunaan%20kata%20bantu%20bilangan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/25609/2/Peer%20Review%20Analisis%20Kesalahan%20Penggunaan%20Kata%20Bantu%20Bilangan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/25609/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus Makassar dalam penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] dalam kalimat bahasa Mandarin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes penggunaan kata bantu bilangan dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus Makassar yang terdiri dari 20 siswa. Data penelitian ini bersumber dari analisis kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [liàngcí 量词] dalam kalimat bahasa Mandarin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata bantu bilangan sebanyak 162 total kesalahan. Kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] berdasarkan kategori kesalahan yaitu hampir tidak ada kesalahan adalah kata bantu bilangan gè 个 sebanyak 8,02%; zhī 只 sebanyak 9,25%; tái 台 sebanyak 9,87%; shuāng 双 sebanyak 9,25%; kǒu 口 sebanyak 9,25%; suì 岁 sebanyak 8,02%. Kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] berdasarkan kategori kesalahan yaitu kurang sekali adalah kata bantu bilangan bēi 杯 sebanyak 10,49%; běn 本 sebanyak 12,34%; wèi 位 sebanyak 11,11%; jiàn 件 sebanyak 12,34%. Hasil angket menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya kesalahan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] yaitu kurangnya perbendaharaan kosakata, kurangnya siswa dalam mengulangi pelajaran, kurangnya ketelitian. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kata Bantu Bilangan [liàngcí 量词, Bahasa Mandarin