PELAKSANAAN KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LAJOA KABUPATEN SOPPENG
Daftar Isi:
- Sunarti. 2012.“Pelaksanaan Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Kualitatif deskriptif. Setting dan subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan satu orang guru di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: Pengumpulan data. Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng terdiri dari perencanaan. Pelaksanaan, dan evaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng sesuai dengan langkah-langkah kegiatan menggambar yaitu menyediakan media pembelajaran, memberikan penjelasan dan contoh tentang menggambar, mengajarkan anak cara mewarnai gambar, mengawasi anak dalam menggambar bebas, memberi kesempatan bagi anak mengerjakan sendiri, dan memberi pengarahan dan motivasi.