PENERAPAN BERMAIN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI III ISOMPA CABENGE KABUPATEN SOPPENG

Main Author: DELY ARFIANTI BORIF
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25536/1/Judul%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/25536/4/Judul%20Skripsi%20Yeyen.docx
http://eprints.unm.ac.id/25536/2/Skripsi%20Yeyen.doc
http://eprints.unm.ac.id/25536/3/Lampiran%20RKH.docx
http://eprints.unm.ac.id/25536/5/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP%20Yeyen.docx
http://eprints.unm.ac.id/25536/
Daftar Isi:
  • DELY ARFIANTI BORIF. 2012. “Penerapan Bermain Tradisional Congklak Dalam meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng” Skripsi dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Bapak Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan Universitas negeri Makassar. Penelitian ini merumuskan masalah apakah bermain tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan bermain tradisional congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu Pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan unit analisis 14 orang anak dan 1 orang guru. Pengempuluan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan 4 (Empat) komponen kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, mengklasifikasi data, mereduksi data, dan menverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng. Hal ini terungkap melaui hasil observasi pada aktivitas belajar yang anak lakukan, selain itu tampak pada hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan bermain tradisional congklak, kemampuan berhitung pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng meningkat.