Daftar Isi:
  • Nisar. 2012. Penerapan Kegiatan Mendongeng Dalam Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak Karya PKK Barang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd, dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Kegiatan Mendongeng Dalam Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak Karya Pkk Barang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng ?”. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan bercerita anak melalui penerapan metode mendongeng di Taman Kanak-kanak Karya PKK Barang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.”. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 11 orang anak dan satu orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode mendongeng kemampuan bercerita anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Karya Pkk Barang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng berkembang. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada hasil belajar kemampuan bercerita mengalami pengembangan Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan Penerapan kegiatan mendongeng Dalam Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak berkembang dengan baik.