PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 151 LOKA KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG

Main Author: SRI ASRIANI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25490/1/HALAMAN%20AWAL-AKHIR%20BARU.doc
http://eprints.unm.ac.id/25490/2/HAL%201-103%20TERBARU.docx
http://eprints.unm.ac.id/25490/
Daftar Isi:
  • SRI ASRIANI. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Bermain Congklak di Taman Kanak-Kanak satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakahn kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan bermain congklak dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Subyek penelitiannya yaitu 21 orang anak kelas B dan guru kelompok B. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Tehnik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian hasilnya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang, karena setelah diterapkan bermain congklak anak-anak lebih antusias dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan lebih optimal. Saran-saran yang diajukan antaralain yaitu kepada guru Taman Kanak-Kanak dapat memanfaatkan bermain congklak untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak didiknya.