Penerapan Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar

Main Author: NISWA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25471/1/sampul%20baru.docx
http://eprints.unm.ac.id/25471/2/editan%20baru.docx
http://eprints.unm.ac.id/25471/3/LAMPIRAN%20terbaru.docx
http://eprints.unm.ac.id/25471/
Daftar Isi:
  • NISWA, 2012 Penerapan Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing Dra.Hj. Sumartini, M.Pd. dan Drs. M. Ali Latief Amri, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman kanak-Kanak Andiya Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian yaitu 11 anak didik dan 1 orang guru. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas anak didik dalam penerapan metode multisensori. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik. Perkembangan dapat dilihat dari siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup, dan kemampuan membaca permulaan anak cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan kemampuan membaca permulaan anak kategori baik. Kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Andiya Makassar berkembang yaitu anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, anak dapat mengenal bunyi awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya, anak dapat memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf dan anak dapat membaca nama sendiri.