Penerapan Kegiatan Menggunting Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
Daftar Isi:
- Maslina. 2012. Skripsi. “Penerapan Kegiatan Menggunting Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan satu orang guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: Pengumpulan data. Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng sudah dilakukan sesuai perencanaan. Pelaksanaan, dan evaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa penerapan kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yang meliputi: guru memberi contoh cara menggunting, cara memegang gunting, cara menggunakan gunting dan mengawasi anak cara memakai alat.