PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK MATTARO DECENG DI KABUPATEN BONE
Main Author: | ERNIATI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/25424/1/KATA%20PENGANTAR.doc http://eprints.unm.ac.id/25424/2/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/25424/3/BAB%20II.docx http://eprints.unm.ac.id/25424/4/DOKUMENTASI%20KEGIATAN.docx http://eprints.unm.ac.id/25424/5/OBSERVASI%20ANAK%20DIDIK%20DAN%20GURU.docx http://eprints.unm.ac.id/25424/6/RIWAYAT%20HIDUP.docx http://eprints.unm.ac.id/25424/ |
Daftar Isi:
- Erniati 2012. Penerapan Metode Bermain Konstruktif Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Pada Taman Kanak-Kanak Mattaro Deceng Di Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Arifin Manggau, S.Pd.,M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran penerapan metode bermain konstruktif dalam mengembangkan metorik halus anak di taman kanak-kanak Mattaro Deceng. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan metode bermain konstruktif dalam mengembangkan motorrik halus anak pada taman kanak-kanak Mattaro Deceng. Pendekatan yang di gunakan adalah Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dengan setting dan subjek penelitian adalah anak-anak TK Mattiro Deceng kelompok B yang berjumlah 17 orang anak didik. Prosedur Penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan mencatat, menggunakan desain penelitian yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi guru dan anak didik. Kesimpulan dari data penelitian adalah kegiatan merakit kepingan kayu menjadi bentuk sederhana, mengunting gambar sekolah, menyusun potongan gambar sekolah dengan tepat diatas karton manila dan mengambar sekolah secara detail, merupakan kegiatan yang dapat mengembangan motorik halus anak didik