PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK MAPPASYUKUR SALAONRO KECAMATAN LILIRLAU KABUPATEN SOPPENG

Main Author: HERIANTI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25417/1/SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/25417/2/SAMPUL%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25417/3/ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25417/4/LEMBAR%20OBSERVASI%20UNTUK%20MELIHAT.docx
http://eprints.unm.ac.id/25417/5/LEMBAR%20OBSERVASI%20UNTUK%20MELIHAT%20%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/25417/
Daftar Isi:
  • Herianti, 2012, PeningkatanKemampuanBerhitungAnakMelaluiBermainKartuAngka di Kelompok A Taman Kanak-KanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppeng. SkripsidibimbingolehDra. Sri Sofiani, M. Pddan Herman, S.Pd, M.PdFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Fokusmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpelaksanaanpeningkatankemampuanberhitunganakdi Kelompok A Taman Kanak-kanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppengdenganmenggunakankartuangkasebagai media pembelajaransehinggapadasaatnyanantianakakanlebihsiapmengikutipembelajaranberhitungpadajenjangselanjutnya. Tujuan yang ingindicapaiyaituuntukmengetahuipelaksanaanbermainkartuangkadalammeningkatkankemampuanberhitunganak di Kelompok A Taman Kanak-kanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppeng.MetodepenelitianpendekatankualitatifdanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK). Denganfokuspenelitianpeningkatankemampuanberhitunganakmelaluikartuangka. Subjekpenelitianadalah 1 orang guru dan 8 orang anak. Data dikumpulkanmelaluiteknikobservasidandokumentasi. Penelitianinidilakukanselama 2 siklusdansetiapsiklusdilakukanselama 4 kali pertemuandengankegiatanindikatormembilangmenyebuturutanbilangan 1 – 10, menunjuklambangbilangan 1 – 10, membilangdanmenunjukbenda 1 – 10 danmenghubungkan/memasangkanlambangbilangandenganbendasampai 10. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasikluspertamadari 8 orang anakhanya5 orang anakmendapatnilaibaik, makakemampuanberhitunganaksedang, danSiklus II kemampuananakberhitungmeningkatdari 8 orang anakhanya 2 orang mendapatnilaicukup, makadapatdikategorikandarinilaisedangmenjadinilaibaik.