PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK MAPPASYUKUR SALAONRO KECAMATAN LILIRLAU KABUPATEN SOPPENG
Main Author: | HERIANTI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/25417/1/SAMPUL.docx http://eprints.unm.ac.id/25417/2/SAMPUL%20DEPAN.docx http://eprints.unm.ac.id/25417/3/ISI.docx http://eprints.unm.ac.id/25417/4/LEMBAR%20OBSERVASI%20UNTUK%20MELIHAT.docx http://eprints.unm.ac.id/25417/5/LEMBAR%20OBSERVASI%20UNTUK%20MELIHAT%20%202.docx http://eprints.unm.ac.id/25417/ |
Daftar Isi:
- Herianti, 2012, PeningkatanKemampuanBerhitungAnakMelaluiBermainKartuAngka di Kelompok A Taman Kanak-KanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppeng. SkripsidibimbingolehDra. Sri Sofiani, M. Pddan Herman, S.Pd, M.PdFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Fokusmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpelaksanaanpeningkatankemampuanberhitunganakdi Kelompok A Taman Kanak-kanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppengdenganmenggunakankartuangkasebagai media pembelajaransehinggapadasaatnyanantianakakanlebihsiapmengikutipembelajaranberhitungpadajenjangselanjutnya. Tujuan yang ingindicapaiyaituuntukmengetahuipelaksanaanbermainkartuangkadalammeningkatkankemampuanberhitunganak di Kelompok A Taman Kanak-kanakMappasyukurSalaonroKecamatanLilirilauKabupatenSoppeng.MetodepenelitianpendekatankualitatifdanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK). Denganfokuspenelitianpeningkatankemampuanberhitunganakmelaluikartuangka. Subjekpenelitianadalah 1 orang guru dan 8 orang anak. Data dikumpulkanmelaluiteknikobservasidandokumentasi. Penelitianinidilakukanselama 2 siklusdansetiapsiklusdilakukanselama 4 kali pertemuandengankegiatanindikatormembilangmenyebuturutanbilangan 1 – 10, menunjuklambangbilangan 1 – 10, membilangdanmenunjukbenda 1 – 10 danmenghubungkan/memasangkanlambangbilangandenganbendasampai 10. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasikluspertamadari 8 orang anakhanya5 orang anakmendapatnilaibaik, makakemampuanberhitunganaksedang, danSiklus II kemampuananakberhitungmeningkatdari 8 orang anakhanya 2 orang mendapatnilaicukup, makadapatdikategorikandarinilaisedangmenjadinilaibaik.