PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AS’ADIYAH LOMPENGENG CABENGE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Main Author: NURJANNAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25407/1/sampul%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/25407/2/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/25407/3/RENCANA%20KEGIATAN%20HARIAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/25407/4/LEMBAR%20OBSERVASI%20UNTUK%20REFRLEKSI%20KEGIATAN%20GURU.docx
http://eprints.unm.ac.id/25407/5/riwayat%20hidup.docx
http://eprints.unm.ac.id/25407/
Daftar Isi:
  • Nurjannah, 2012. Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dra.Kartini Marzuki, M.Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Hipotesis penelitian yaitu jika metode bercerita diterapkan maka kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng dapat meningkat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas untuk mengamati peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita. Fokus penelitian adalah kemampuan bahasa ekspresif dan metode bercerita. Setting dan subjek penelitian dilaksanakan Di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng yang berjumlah 10 anak. Dengan prosedur dan desain penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara bertahap dan berulang dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dari siklus I ke siklus II dengan demikian kemampuan bahasa ekspresif anak mengalami peningkatan Di Taman Kanak-Kanak As’Adiyah Lompengeng Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng jika diterapkan metode bercerita