PENGARUH BERMAIN KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PANRANNUANTA KABUPATEN TAKALAR
Main Author: | MARLINA MALIK |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/25393/1/Halaman%20Depan.docx http://eprints.unm.ac.id/25393/2/EDIT%20SKRIPSI.docx http://eprints.unm.ac.id/25393/4/Lampiran.docx http://eprints.unm.ac.id/25393/3/HASIL%20PRETEST%20KELOMPOK%20EKSPERIMEN.docx http://eprints.unm.ac.id/25393/ |
Daftar Isi:
- MARLINA MALIK, 2011. Pengaruh Bermain Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Panrannuanta Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Bermain Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Taman Kanak-Kanak Panrannuanta Kabupaten Takalar. Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan bermain kartu kata? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : Gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Panrannuanta Kabupaten Takalar. Metode penelitian ini terdiri atas pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitiannya adalah anak didik taman Kanak-Kanak Panrannuanta Kabupaten Takalar Kelompok B sebanyak 32 orang dan yang menjadi sampel adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-Kanak Panrannuanta yaitu 12 orang anak didik yang diambil secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan analisis data Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Panrannuanta Kabupaten Takalar sebelum diberi perlakuan bermain kartu kata berada dalam kategori kurang, namun setelah diberi perlakuan bermain kartu kata maka tingkat kemampuan membaca permulaan anak berpengaruh atau berada dalam kategori baik.