Daftar Isi:
  • SUTRIANI. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng” Skripsi dibimbing oleh Ibu Dra. Hj.Sumartini, M.Pd dan Bapak Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merumuskan masalah apakah bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge? Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan unit analisis adalah 13 orang anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, mengklasifikasi data, mereduksi data dan menverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tanpak pada hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan bermain kartu angka bergambar, kemampuan mengenal bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge meningkat dengan baik.