Daftar Isi:
  • SAHIRAH, 2012. “Meningkatkan Kemampuan Meniru Bentuk Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng”. Skripsi dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si. dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan meniru bentuk pada anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan meniru bentuk pada anak melalui kegiatan menggambar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) ) dengan subyek penelitian 15 orang anak terdiri dari 5 laki-laki, 10 perempuan dan 1 orang guru. Dengan prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara bertahap dan berulang. Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, mengklasifikasi data, mereduksi data dan menverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan meniru bentuk pada anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas menggambar anak, selain itu tampak pada hasil kegiatan menggambar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan menerapkan kegiatan menggambar kemampuan meniru bentuk pada anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Isompa Cabenge Kabupaten Soppeng meningkat dengan baik.